Sing Penting Glinding.. Goes to East Java 2011..

Sedikit CurCol..

Cucur..! eeh.. Jujur..!!
Perjalananan kali ini saya gak punya tujuan yang jelas.. Cuma 1 yang terpikir : udah terlanjur ambil cuti 5 hari, masa di rumah aja..
Cuti yang saya ajukan itu harusnya mulai tanggal 5 – 9 September 2011, maksud hati untuk menyambung cuti massal yang dibijaki pemerintah mulai tanggal 29 Agustus 2011 – 2 September 2011.. Niatnya sih mau keliling Sumatra.. Tapi apa daya, cuti saya yang tanggal 5 September 2011 ditolak, dengan alasan wajib masuk karena ada halal bihalal kantor, dan tanggal 7 September 2011 saya harus mengisi acara di suatu acara kantor.. Akhirnya, cuti yang disetujui bos jd tanggal 8, 9, 12, 13 September (jadinya malah cuti 4 hari niihh.. hikzz..)

Sekian CurCol dari saya.. 😛

7 September 2011.. Hard Joe saya tinggalkan di bengkel untuk general check up.. Saya-nya lanjut ngantor..

cek up Hard Joe..

Cek sampe dalem..

Selesai acara kantor, saya langsung pamit pulang.. *mampir ke bengkel..
Sesampainya di bengkel, ternyata ada teman saya (bro Jovie, HTML JakBar) sedang servis juga.. Kami pun berbincang-bincang dengan mekanik saya tentang perjalanan yang akan saya tempuh nanti.. Niatnya, saya mau jalan sendiri.. Tiba2 bro Jovie nyeletuk : “gw ikut deh, Kay..” #eeh.. Sinting..!! (bro Jovie ini teman saya yang ikut turing mudik ke Kerinci pas lebaran 2011 lalu).. Sebelumnya saya memang sudah buka wacana tentang perjalanan “Sing Penting Glinding” ini, tapi bro Jovie seperti ragu2.. Bagi saya, kalau ragu2 lebih baik tidak usah ikut..

Akhirnya diputuskan, saya dan bro Jovie pun berangkat.. Saya bilang : “jalan santai ya.. gw bawa Hard Joe (GL-Pro tua saya) neeehh..!!”
Keberangkatan diputuskan Kamis, 8 September 2011 jam 04.00 BBWI..

Setelah Hard Joe selesai dicek, saya pun pamit pulang..

_________________________________________________________________________________________________________

Kamis, 8 September 2011..

Cibinong – Bandung – Majalengka – Kuningan – Ketanggungan – Slawi – Pemalang – Semarang..

Bangun kesiangan.. Janji jam 4 pagi, jam segitu baru bangun.. Alhasil cuci muka+gosok gigi aja, langsung gazz ke “Start Line” yang telah disepakati oleh bro Jovie..

@ Starting Line.. Minimarket depan komplek..

Akhirnya perjalanan molor jadi jam 5.00 BBWI..
Melewati kawasan Puncak yang dingin ditambah tidak sempat sarapan jadi membuat perut ini keroncongan.. Sekitar 40 menit dari “Starting Line” saya putuskan untuk sarapan terlebih dahulu..

Sarapan di Cianjur..

Selesai sarapan, kami bergegas kembali melanjutkan perjalanan.. Menyusuri Ciranjang – Rajamandala – Padalarang dan Cimahi.. Memasuki kota Cimahi, jalanan lumayan macet.. Selepas Cimahi, lancar.. Begitu memasuki daerah Cibiru, kemacetan kembali menghadang.. Parah, macetnya kayak di Jakarta..

Lepas dari kemacetan Cibiru, perjalanan mulai lancar kembali.. Sampai di Jatinangor, tiba-tiba bro Jovie minta jeda waktu untuk istirahat.. Ngantuk, belum tidur dari malam seblum keberangkatan.. #ealaaahh.. mo jalan jauh koq ndak tidur.. njriitt..!! udah jam setengah 9 nih.. (**l!)

Istirahat di SPBU daerah Jatinangor..

Setelah saya kasih waktu untuk istirahat sekitar 1 jam, perjalanan pun saya lanjutkan kembali.. Melewati jalur Cadas Pangeran – Majalengka menuju Kuningan..

Gazz ke Kuningan..

Sekitar jam 12 siang, kami sampai di Kuningan.. Take a break, get lunch..
Istirahat + makan siang sekitar 1 jam telah usai.. Waktunya lanjut lagi..

Perjalanan menuju Ketanggungan, Jawa Tengah..

Sampai Ketanggungan sekitar jam 3 sore.. Kami pun beristirahat kembali untuk “meluruskan” badan.. *pake Hard Joe gak ada engine guard-nya, jd gampang pegel karena tidak bisa meluruskan kaki.. hehehehe..

Selesai beristirahat mari kita gazz lagi..
Perjalanan dilanjutkan ke Slawi dengan kondisi jalan yang bergelombang.. Berkendara di jalur tersebut harus extra hati-hati..
Ketanggungan – Slawi jarak tempuhnya tidak terlalu jauh.. Tapi karena kondisi jalan yang bergelombang jadi membutuhkan sekitar 1,5 jam untuk sampai ke kota Slawi..

Memasuki Slawi, Kab. Tegal..

Setelah memasuki kota Slawi, perjalanan saya belokkan agak ke selatan.. Lewat Randudongkal.. Keputusan ini saya buat karena saya paling males lewat jalur Pantura ketika matahari masih bersinar terik..

on the way to Randudongkal..

Sampai di Randudongkal jam 6 sore.. Kami beristirahat kembali di daerah ini, sekalian bro Jovie mengecek kerusakan pada kelistrikan JoTiKon (nama motor bro Jovie)..

Setelah selesai istirahat dan mengecek masalah kelistrikan JoTiKon, kami kembali melanjutkan perjalanan menuju Pemalang.. Yupzz.. Kami mulai naik ke Pantura untuk menuju Semarang..
Perjalanan melalui Pantura dikala malam memang harus benar-benar pasang mata.. Karena “sparing-an” kami adalah kendaraan-kendaraan besar..

Sampai di Alas Roban sekitar jam setengah 8 malam, perut sudah waktunya untuk diisi.. Saya pun berkoordinasi dengan PakDe Bims (Bimo Setiawan) NSRider Semarang, bila sekiranya bila mampir di Semarang bisa kopdardak (kopi darat dadakan).. hehehehe.. Selesai makan malam, kami pun bergegas menuju Semarang.. Alas Roban – Semarang terpantau ramai lancar malam itu.. Hanya agak sedikit tersendat begitu memasuki Semarang.. Kami pun memasuki Semarang sekitar jam setengah 10 malam.. Saya pun kembali berkoordinasi dengan PakDe Bims apakah masih bisa untuk kopdardak atau tidak.. Karena waktu sudah malam akhirnya kopdardak dibatalkan.. *ya iyalaahhh.. kasian Pakde Bims nanti masuk angin.. xixixixiie.. #guyon ya pakdee.. 😛

Lalu kami putuskan untuk mencari SPBU untuk dijadikan tempat beristirahat.. *ngoboy niiihh..

Semarang – Kudus – Rembang – Blora – Bojonegoro – Lamongan – Surabaya – Sidoarjo..
Jumat, 9 September 2011..

SUKSEsS..!! Rencana istirahat hanya 2 jam, bablas jam 4 pagi baru terbangun.. *mungkin sudah terlalu lelah..

Setelah cuci muka, ritual pagi dan mengumpulkan “nyawa”, jam 5 pagi kami melanjutkan perjalanan.. Kami berencana untuk sarapan di Kudus..
Dengan berkendara santai, sekitar jam setengah 7 kami sudah memasuki Kudus.. Kami pun berhenti untuk sarapan di sebuah restoran di dalam sebuah SPBU..

Istirahat sekalian sarapan..

Jovie tepar lagi.. *kali ini lebih safety.. hahahaha..

Selesai sarapan, waktunya kembali “mengaspal”.. Waktu menunjukkan jam 9 pagi, hari sudah mulai siang..

goes to Rembang..

Matahari ditambah dengan jalan yang lurus-lurus saja membuat perjalanan membosankan dan bikin ngantuk.. Kami pun membelokkan arah menuju Blora, berharap di sana akan melewati jalur yang lebih adem dengan pemandangannya..

Goes to Blora..

Selepas Blora, kami lanjutkan perjalanan menuju Cepu..

Let’s goo..!!

Sekitar jam setengah 12 siang, kami memasuki kota Cepu..

Kami sempatkan untuk beristirahat di Cepu..
Setelah menghabiskan 2 batang rokok, kami lanjutkan perjalanan menuju Surabaya via Bojonegoro – Lamongan – Gresik..

Pemandangannya lumayan bikin segar, walau cuaca cukup panas..

Sekitar jam 2 siang, kami memasuki kota Lamongan..

1 jam setelah Lamongan, kami pun memasuki Surabaya.. Saya sempatkan kontak dan sms Cak Oghlam (HORNET SUB, PRIDES PETERSON, NUSANTARIDE), oom Wawan (HORNET SUB) dan oom Bayu Santosa (NUSANTARIDE) untuk mencari info bengkel motor yang recommended untuk memperbaiki Hard Joe yang mengalami kebocoran oli mesin yang merembes dari seal stut kopling.. Oom Bayu Santosa sempat mengantar kami ke bengkel resmi Honda di daerah Surabaya.. Tetapi semua bengkel sudah penuh.. hikzz.. Akhirnya kami putuskan untuk tetap melanjutkan perjalanan menuju Sidoarjo sambil mencari bengkel yang searah dengan jalur menuju Sidoarjo..

Akhirnya, di daerah Gedangan, kami menemukan bengkel.. Saya pun langsung memasukan Hard Joe ke bengkel tersebut..

Ini sumber masalahnya..

Jalanan daerah Gedangan yang macet..

Ketika sedang menunggu Hard Joe diperbaiki, saya sempat komen-komenan di foto kuncen Bromo memberitahukan kalau kami sedang di Gedangan.. Beliau adalah broo Irwan (PRIDES, NUSANTARIDE).. Saya pun memberikan nomor selular saya.. Tak lama kemudian ada sms masuk dari bro Irwan, bilangnya ingin mengajak kami untuk ngopi-ngopi di Sidoarjo.. Setelah Hard Joe selesai diperbaiki, bro Irwan muncul dengan “Bebek Dakkar” (kirain Bebek Bakar.. weqeqeqeqeqq.. :P) di bengkel.. Setelah mengobrol sebentar, akhirnya kami mulai bergerak menuju alun – alun Sidoarjo..

Kopdardak dengan Bebek Dakkar..

Setelah bersenda gurau dan ceng2an, kami pun bergegas menuju rumah family di Sidoarjo..

Setelah istirahat sambil berbincang – bincang dengan saudara saya, kami pun bergerak kembali menuju alun – alun Sidoarjo.. Di sana Cak Oghlam beserta member PRIDES PETERSON (Sidoarjo) sudah menunggu kami untuk KopDarCol (demikian kata Cak Oghlam)..

Di samping RS. D.K.T, lokasi KopDarCol with PRIDES PETERSON..

Setelah selesai mengobrol dan sukses ditraktir, kami pamit pulang.. Karena kami memang sangat membutuhkan istirahat untuk memulai perjalanan pulang ke Jakarta dan Cibinong pada keesokan harinya.. *Lot of Thanx to PRIDES PETERSON atas sambutan hangatnya.. Sampai jumpa di lain kesempatan..

Sabtu, 10 September 2011..

jam sudah menunjukkan pukul 09.30 pagi.. saya dan Jovie pun bersiap-siap untuk memulai perjalanan menuju Gunung Bromo..
perjalanan menuju kami putuskan melewati kota Ponorogo.. jalanan yang macet dan panas kami tembus dengan gagah berani.. #eeaaahh..!!

macet di daerah luapan Lumpur Lapindo..

setelah terjebak macet selama hampir 1 jam di lokasi luapan lumpur, kami pun memasuki kota Pasuruan..

langsung menuju Gunung Bromo via Puspa dan Tosari..

di daerah Tosari (klo gak salah), saya dan Jovie memutuskan untuk istirahat makan siang.. sambil mencari-cari informasi kepada seorang guide..

pemandangan di sekitar Tosari..

setelah mendapat informasi yang cukup dan ditambah perut yang sudah kenyang, kami pun melanjutkan perjalanan menuju Taman Nasional Bromo Tengger Semeru..

di gerbang loket retribusi..

setelah membayar retribusi, kami lanjutkan perjalanan ke lautan pasir..

di gapura Taman Nasional Bromo Tengger Semeru..

action di salah satu puncaknya.. 😀

dan langsung menuju lautan pasirnya..

di sekitaran Gunung Bromo..

setelah menikmati Bromo, jam 16.30 kami putuskan untuk turun ke Malang via Tumpang.. sayang, Bukit Teletubies yg tadinya hijau, mulai menguning..
perjalanan menuju Tumpang dari area Bromo tidak lebih dari 10 KM, tapi kami harus mencapainya hingga hampir 2 jam.. hal ini dikarenakan pasir yang gembur dan dalam pada saat musim kemarau.. dan bro Jovie sukses 4 kali nyungsep..

on the way ke Bukit Teletubbies..

di Bukit Teletubies yang menguning..

setelah hampir 1 jam mengitari Kawah Bromo, kami lanjut menuju Malang via Tumpang..

let’s goo..!!

melewati Tumpang, kami harus melewati jalan yang berkabut dan mulai gelap..

kami tiba di Malang sekitar jam setengah 7 malam.. bergegas untuk mencari makan malam, karena perut sudah lapar dikarenakan oleh banyak energi yang terbuang saat “bermain pasir” di Bromo.. ketika sedang asyik makan malam, ada panggilan masuk di telepon selular saya.. ternyata yang menghubungi saya adalah bro Ferry BANDITS (BArisaN soliDarITas Scorpio) Malang.. walaaahh, usut punya usut ternyata beliau dapat info dari bro Zaky MiLYS (Mailing List Yamaha Scorpio) Jakarta Selatan.. bro Fery dibertahu bro Zaky bila saya akan melewati Malang, sepulangnya dari Bromo.. akhirnya kami pun dijemput di depan Univ. Muhammadiyah Malang..

dijamu oleh brader2 BANDITS Malang..

setelah selesai beramah tamah, sekitar jam 1 dini hari kami pun pamit melanjutkan perjalanan menuju Blitar.. karena memang sudah kami rencanakan untuk menginap malam itu di daerah Blitar..

*bersambung di : Let’s Back to The West 2011..

3 Comments on “Sing Penting Glinding.. Goes to East Java 2011..”

1. Suyut Utomo says:

mengingatkan kembali ketika kami ke bromo! *mantab!